9 Aktivitas Menarik Dilakukan Saat Berada di Vietnam

9 Aktivitas Menarik Dilakukan Saat Berada di Vietnam

Salah satu alasan mengapa Vietnam menjadi tujuan pariwisata yang begitu populer adalah begitu banyak yang harus dilakukan. Baik Anda menjelajahi pantai yang masih alami dan tersembunyi, trekking di pegunungan terpencil, mengambil foto reruntuhan kuno Cham, atau sekadar bersantai di bia hoi dengan penduduk setempat sambil menikmati segelas bir yang baru diseduh, Vietnam memiliki sesuatu yang menarik bahkan yang paling istimewa.

Berikut 9 hal terbaik yang tidak ingin Anda lewatkan saat datang ke sini.

1. Jelajahi Kedalaman di Banyak Gua di Phong Nha

Jika menjelajahi gua-gua liar terdengar menarik, pastikan untuk mengunjungi Taman Nasional Phong Nha Ke Bang, yang memiliki lebih dari 300 gua dan gua, dan masih banyak lagi yang masih ditemukan. Pada tahun 2009, seorang pria lokal terjadi di Son Doong, yang ternyata merupakan sistem gua terbesar yang diketahui di dunia. Gua Son Doong sangat besar sehingga gedung pencakar langit setinggi 40 lantai bisa masuk ke dalam ruang utama. Gua-gua lain di daerah tersebut juga mengesankan. Taman nasional berada di dekat kota Dong Hoi, di mana beberapa operator menawarkan tur ke berbagai gua. Petualangan Oxalis adalah satu-satunya operator berlisensi yang menawarkan tur ke Gua Son Doong; tur empat hari, yang mencakup tiga malam di dalam gua, biayanya $3.000 dan harus dipesan setidaknya setahun sebelum kedatangan Anda.

2. Naiki Pesiar ke Halong, Lan Ha, atau Bai Tu Long Bay

Tujuan paling populer di Vietnam menampung pengunjung dari seluruh dunia, dan dengan alasan yang bagus. Perahu-perahu menyusuri perairan Teluk Tonkin yang tenang, memanjakan pengunjung dengan pemandangan dramatis ratusan pulau tak berpenghuni yang terpencil dan tertutup hutan. Sebagian besar kapal pesiar menawarkan tamasya kayak dan berenang, berhenti di desa nelayan terapung, memancing cumi-cumi, dan kunjungan ke salah satu dari banyak gua di wilayah tersebut. Kapal yang lebih baik menyajikan makanan laut yang luar biasa dan masakan internasional; semua memiliki pemandu dan peralatan keselamatan berbahasa Inggris. Teluk Halong ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 dan menerima jumlah wisatawan terbesar di Vietnam. Lan Ha dan Bai Tu Long Bay memanjakan pengunjung dengan pemandangan menakjubkan yang sama tetapi tanpa keramaian.

3. Tersesat di Old Quarter Hanoi

Tersesat berkeliaran di jalan labirin serampangan di Old Quarter. Anda akan melihat bangunan tua bergaya kolonial Prancis dan kuil tersembunyi bergaya Cina, pasar yang ramai, dan pedagang kaki lima, lebih banyak sepeda motor daripada yang pernah Anda duga, dan beberapa makanan jalanan terbaik yang dapat ditemukan di mana pun di Asia Tenggara. Jangan lewatkan Danau Hoan Kiem, jantung bersejarah Hanoi, dengan pepohonan rindang, kuil dan pagoda kuno, serta penduduk setempat yang ramah. Kunjungi Jalan Lan Ong, di mana Anda dapat menikmati aroma yang kaya dari toko-toko yang menjual jamu dan obat-obatan tradisional.

4. Keluar dari Jalur Terpopuler di Pegunungan Vietnam Utara

Berkendara beberapa jam dari Hanoi dan Anda berada di dunia yang berbeda. Jauh di timur laut adalah tanah pegunungan yang menjulang tinggi, sawah bertingkat yang luas, dan ratusan desa etnis minoritas. Ngarai yang dalam, pasar yang berwarna-warni, dan air terjun yang bergemuruh mengundang Anda untuk dijelajahi. Anda akan menemukan Mai Pi Leng Pass setinggi 4.921 kaki dan Tu San Canyon sedalam 2.625 kaki di wilayah ini, dan Anda dapat naik perahu ke kaki Ban Gioc yang bergemuruh Air terjun, air terjun terbesar keempat di dunia di sepanjang perbatasan nasional.

Juga mengesankan, dan lebih mudah diakses, adalah bekas bukit-bukit Kolonial Prancis Sapa di barat laut Vietnam. Anda akan melihat sawah bertingkat yang menuruni pegunungan yang curam, keindahan air terjun yang berkilauan, dan memiliki kesempatan untuk pergi trekking dan menghabiskan satu atau dua malam di sebuah homestay di desa minoritas Hmong atau Dao yang terpencil.

5. Jelajahi Kota Kuno di Hoi An

Berkeliaran di sekitar Hoi An adalah impian seorang fotografer. Setelah diturunkan ke bagian belakang sejarah, Kota Kuno yang ditemukan kembali ini penuh dengan aula komunal bergaya China, kuil dan rumah tradisional, jembatan tertutup Jepang, pasar yang berkembang, lentera yang indah, dan bunga di mana pun Anda memandang. Ini adalah tempat untuk menghemat banyak uang untuk pakaian yang dibuat khusus juga. Jika Anda sudah puas dengan sejarah, sewa sepeda dan pergilah ke Pantai Cua Dai atau Pantai An Bang untuk relaksasi yang serius. Pastikan untuk mencicipi beberapa makanan khas lokal seperti mie Cau Lau dan pangsit Mawar Putih yang hanya tersedia di Hoi An.

6. Hidup di Pantai di Nha Trang

Nha Trang terkenal memiliki salah satu teluk terindah di dunia dan pantainya adalah salah satu yang paling populer di Vietnam. Pasir halus yang lebar dan ombak yang lembut adalah pemandangan yang indah, tetapi itu hanya satu alasan untuk datang ke sini. Kunjungi reruntuhan peradaban Cham yang pernah perkasa, manjakan diri Anda di salah satu dari beberapa resor mata air panas di area tersebut, atau naik kereta gantung melintasi teluk ke Pulau Hon Tre dan menginap di resor Vinpearl bintang lima. Nha Trang terkenal dengan hidangan laut yang baru ditangkap yang lezat, cumi-cumi kering, roti segar, dan bar terbaik serta tempat hiburan malam di Central Coast.

7. Tenang di Dalat

Bebaskan diri dari panas dan jelajahi Central Highlands dari kota Dalat setinggi 4.900 kaki. Air terjun bertingkat, perkebunan kopi, kereta gantung yang menuju ke kuil Zen yang tenang yang terletak jauh di pegunungan, hutan pinus, dan danau yang masih asli hanyalah beberapa dari pemandangan untuk dilihat di Kota Bunga. Pasar besar memiliki hasil bumi terbaik dan bunga terindah di Vietnam; di malam hari, tempat ini menjadi “Food Street” di mana rasa dan aroma seafood segar dan daging panggang berpadu sempurna. Habiskan malam di Hang Nga Crazy House yang aneh, hotel tempat Hobbit akan merasa seperti di rumah sendiri.

8. Selamat Berbelanja di Kota Ho Chi Minh

Jika berbelanja adalah kesukaan Anda, tidak ada tempat yang lebih baik untuk dikunjungi di Vietnam selain ke Kota Ho Chi Minh (Saigon). Kota ini merupakan pusat perdagangan, penuh dengan rumah besar Kolonial Prancis yang megah, museum yang mengesankan, dan taman luas yang terletak di bawah naungan gedung pencakar langit modern. Pasar Ben Thanh, salah satu bangunan tertua di Saigon, adalah bangunan mirip labirin yang dipenuhi dengan toko-toko kecil yang dipenuhi dengan makanan pokok, barang-barang rumah tangga, pakaian, suvenir, restoran bergaya jajanan, dan penjual makanan kaki lima. Lusinan mal mewah menawarkan pengalaman yang lebih tenang (dan ber-AC).

9. Manjakan Diri dengan Makanan Jalanan yang Murah dan Lezat

Seorang ekspatriat yang sering bepergian pernah berkata kepada saya, “Semakin murah makanannya, semakin baik rasanya,” dan ini tidak lebih benar daripada di Vietnam. Setiap kota dan wilayah memiliki masakannya sendiri – pho (sup daging sapi atau mie ayam) di Hanoi, mi quang (mi berbasis kunyit dengan ayam, ikan, atau babi) di sepanjang pantai tengah, dan banh xeo (crepes dengan ikan, cumi-cumi, atau daging) di Kota Ho Chi Minh, untuk menyebutkan beberapa saja. Harga makanan untuk dua orang tidak lebih dari $6. Siapa yang bisa menahannya?