6 Panduan Menjadi Traveler yang Lebih Bertanggung

6 Panduan Menjadi Traveler yang Lebih Bertanggung

Jika Anda telah menambahkan Indonesia ke daftar ember pasca-pandemi Anda, maka Anda akan bersenang-senang! Namun, mungkin ada baiknya untuk introspeksi diri sebelum mulai mengunjungi destinasi favorit Anda. Menjadi traveler yang bertanggung jawab tidak hanya baik untuk Anda, tetapi juga untuk masa depan pariwisata berkelanjutan. Mencari cara untuk memaksimalkan liburan Anda dan sekaligus berkontribusi pada pariwisata berkelanjutan? 6 tips ini akan membantu Anda memulai:

1. Merangkul perhatian

Penting untuk diingat bahwa setelah pandemi, dunia akan berbeda. Karena itu, pastikan Anda siap beradaptasi dengan prosedur baru pascapandemi setelah Anda melanjutkan perjalanan. Lakukan riset ekstensif sebelumnya untuk mempelajari peraturan baru dan kondisi pascapandemi dari destinasi yang akan Anda kunjungi.

2. Berkontribusi pada komunitas lokal

Tidak apa-apa mengunjungi suatu destinasi hanya untuk bersenang-senang, tapi Anda bisa menambah nilai liburan Anda tanpa mengurangi keseruannya. Bantu industri lokal tumbuh dengan membeli suvenir buatan lokal. Jika Anda mencari keaslian, tidak terlihat lagi selain bisnis lokal mandiri dan produk buatan mereka.

3. Jelajahi lebih dari biasanya

Berpikir di luar kotak. Melampaui hotspot turis arus utama yang sangat ramai dan temukan pengalaman baru. Anda dapat mengetahui tentang permata tersembunyi ini dengan membaca blog perjalanan atau hanya mengikuti saran penduduk setempat dan meminta rekomendasi. Buatlah jadwal yang fleksibel.

4. Menggali kearifan lokal

Saat Anda mengunjungi suatu destinasi, jangan lupa untuk mendapatkan wawasan budaya dari penduduk setempat. Gali lebih dalam warisan dan tradisi mereka yang luar biasa untuk mempelajari filosofi hidup mereka yang mungkin menginspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik dan layak dibagikan setelah Anda kembali ke rumah.

BACA  Rekomendasi 5 Hotel & Resort Bintang Lima di Bali

5. Cintai lingkungan

Anda bepergian untuk menghirup udara segar, menyaksikan pemandangan indah, dan menemukan kedamaian yang hampir tidak ada di kota Anda. Oleh karena itu, mengapa tidak menunjukkan kecintaan Anda terhadap lingkungan dengan melakukan hal-hal kecil yang berkontribusi terhadap kelestariannya? Bepergian dengan cara yang ramah lingkungan; bawalah gelas Anda sendiri, bawalah peralatan makan Anda sendiri yang dapat digunakan kembali, dan banyak lagi. Terakhir, hindari membuang sampah sembarangan. Itu yang paling bisa Anda lakukan.

6. Utamakan keselamatan dan sanitasi

Ke mana pun Anda bepergian, keselamatan dan sanitasi harus menjadi prioritas utama Anda. Bawalah pembersih tangan, masker, obat-obatan, atau apa pun yang Anda anggap perlu untuk menjaga Anda tetap bersih dan sehat. Latih jarak fisik. Jangan abaikan gejala atau ketidaknyamanan yang Anda alami selama perjalanan. Hubungi pihak berwenang setempat untuk bantuan segera.

Dengan menjadi seorang musafir yang bertanggung jawab, Anda bisa menjadi orang yang lebih baik dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Semoga dunia segera pulih dari krisis COVID-19. Sampai saat itu, tetap di rumah, pilih tujuan perjalanan, rencanakan perjalanan masa depan Anda, dan yang lebih penting, jadilah versi diri Anda yang lebih baik.