5 Situs Arkeologi Terbaik di Amerika Tengah

5 Situs Arkeologi Terbaik di Amerika Tengah

Salah satu daya tarik utama Amerika Tengah adalah banyaknya reruntuhan Maya, yang mempesona dan membingungkan para pelancong dan sejarawan. Dipenuhi dengan misteri kuno, setiap situs arkeologi membawa kita selangkah lebih dekat untuk memahami bagaimana bangsa Maya hidup. Namun, masih banyak yang belum ditemukan. Dengan reruntuhan yang tersebar di seluruh wilayah, beberapa jauh lebih mengesankan daripada yang lain, berikut adalah 5 situs arkeologi di Amerika Tengah Yang wajib anda kunjungi.

1. Chichen Itza, Meksiko

Situs pertama dan paling jelas untuk dikunjungi adalah Chichen Itza. Meskipun koleksi reruntuhan ini sering dijuluki “too touristy”, jika Anda mengatur waktu kunjungan Anda dengan baik, Anda dapat menghindari keramaian dan memiliki pengalaman yang jauh lebih damai. Tidak dapat disangkal bahwa candi-candi megah ini sepadan dengan waktu dan upaya yang diperlukan untuk sampai ke sana. Juga sangat disarankan agar Anda menyewa pemandu wisata jika Anda datang ke sini. Mereka akan dapat menjelaskan sejarah yang kaya dan misteri abadi Chicken Itza lebih baik daripada buku panduan mana pun! Mereka juga akan membawa Anda ke candi utama dan membuat Anda bertepuk tangan, aktivitas yang populer karena suara tepukan bergema di dinding candi dan menghasilkan dentingan aneh dalam prosesnya.

2. Tulum, Meksiko

Apa satu hal yang mengalahkan menjelajahi satu set reruntuhan kuno? Topping petualangan Anda dan berjemur di tepi pantai, Reruntuhan Tulum terletak di sepanjang pantai Laut Karibia. Ini berarti hari di Tulum dapat dengan mudah digabungkan dengan hari pantai yang santai! Reruntuhan itu sendiri bukan yang terbesar yang akan Anda saksikan, tetapi masih bagus untuk dilalui dan jika Anda tetap waspada, Anda hampir pasti akan melihat beberapa iguana bersantai di bawah sinar matahari.

BACA  Spot Terbaik Melihat Bunga Sakura di Korea Selatan

3. Tikal, Guatemala

Dari Flores, Tikal hanya berjarak satu jam berkendara, menjadikan kota Guatemala yang penuh warna ini tempat yang sempurna untuk menjelajahi reruntuhan di dekatnya. Penuh dengan satwa liar, termasuk rubah abu-abu, berbagai jenis monyet dan tarantula yang sedikit kurang agung dan jauh lebih menakutkan, situs ini adalah salah satu yang lebih besar dan lebih beragam dari semua hotspot Maya di wilayah tersebut. Sebagian besar memilih untuk mengatur waktu kunjungan mereka untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari puncak kuil tertinggi.Situs ini menghadap ke hamparan hutan rimbun yang menakjubkan dan tak berujung.Tikal juga menjadi lokasi syuting adegan salah satu film Star Wars.

4. Copan, Honduras

Sedikit terpencil tapi layak jalan memutar. Copan di Honduras terletak tepat di seberang perbatasan Guatemala. Reruntuhan sering kali dilewatkan begitu saja oleh para pelancong ke wilayah tersebut. Tapi ini berarti mereka sempurna untuk siapa saja yang ingin menjelajahi beberapa reruntuhan Maya tanpa banyak wisatawan lain. Salah satu fitur unik dari reruntuhan ini adalah banyaknya burung beo liar yang terbang di atas kepala dan hidup di hutan sekitarnya. Kuil-kuil ini juga memiliki beberapa terowongan bawah tanah yang cukup menarik yang layak untuk dijelajahi.

5. Palenque, Meksiko

Terletak di dalam hutan lebat Meksiko adalah reruntuhan Palenque. Situs ini dilindungi dalam batas-batas taman nasional, yang dianggap sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Seperti situs lain yang disebutkan, Palenque memegang kunci untuk membuka banyak rahasia seputar budaya Maya kuno. Namun, tidak seperti situs lain, diperkirakan hanya 10% dari Palenque yang benar-benar telah digali.

BACA  7 Destinasi Romantis untuk Dijelajahi di Eropa